Lava Tour Merapi Jogja

Wisata ke Jogja?

Outbound di Jogja?

Jangan lupa berwisata di lereng selatan gunung Merapi, atau tepatnya di Lava Tour Merapi Jogja. Di sini anda akan melihat lava atau lahar yang berasal dari letusan gunung Merapi tahun 2010 yang lalu.

Jika anda ingin lebih mengetahui lebih banyak tentang gunung Merapi dan letusannya, kami menyarankan anda untuk adventure menggunakan dengan jeep wisata merapi.

Lava Tour Merapi Jogja

Paket Outbound Jogja dan Lava Tour Merapi Jogja

Dalam sehari, anda akan kami ajak berkegiatan seru yaitu Paket Outbound Team Building dan Adventure Jeep Lava Tour Merapi Jogja. Pasti sensasi itu tidak akan anda lupakan.

Dalam Lava Tour Merapi ada beberapa destinasi pemberentian.

  1. Sungai / Kali Opak
    Saat Lava Tour Merapi Jogja, yang pertama kita akan melewati Sungai Opak, merupakan salah satu kali yang berhulu di lereng gunung merapi sebelah selatan. Di sekitar sungai juga tumbuh dengan subur pohon-pohon sengon milik warga sekitar. Panjang sungai Opak kurang lebih 12 KM dengan kedalaman sekitar 30 meter. Sejak puluhan tahun lalu banyak warga yang mencari nafkah di sungai ini dengan cara menambang pasir dan batu yang ada di dalamnya. Sungai ini memisahkan dua desa di kecamatan Cangkringan yaitu desa Kepuharjo dan desa Umbulharjo. Sebelum erupsi merapi tahun 2010, tebing di sungai Opak ditumbuhi pepohonan liar yang cukup banyak. 

Di tahun 2010, kali Opak dilewati lahar panas ketika gunung Merapi meletus. Lahar di sungai tersebut berasal dari luapan lahar di sungai Gendol. Letusan tersebut mengakibatkan matinya tumbuh-tumbuhan yang ada disekitar sungai dan hancurnya pemukiman warga akibat terjangan awan panas. Material pasir dan batu-batu besar di sungai Opak semakin bertambah dari sebelumnya. Namun adanya penambangan pasir dan batu membuat jumlah lahar semakin hari semakin berkurang

2.  Kunjungan di Museum Sisa Harta Ku

Lava Tour Merapi JogjaSetelah dari Kali Opak kita menuju Museum sisa harta ku terletak di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman. Benda yang cukup berkesan di dalam museum ini yaitu jam erupsi. Museum ini merupakan satu dari sekian banyak rumah yang hancur akibat letusan Gunung Merapi tahun 2010. Lava Tour Merapi Jogja di dalam museum, kita dapat melihat kumpulan benda-benda yang menjadi saksi bisu kedahsyatan erupsi merapi tahun 2010. Keadaan rumah yang rusak parah mampu membuat kita membayangkan betapa mengerikannya bencana erupsi merapi yang terjadi pada tahun 2010 silam.

3.  Spektakuler Batu Alien
Batu Alien memiliki diameter kurang lebih 5 meter. Kini, digunakan untuk kunjungan Lava Tour Merapi Jogja. Batu Alien merupakan salah satu batu besar yang keluar dari mulut gunung merapi ketika erupsi tahun 2010.  Di sisi utara batu Alien terdapat hamparan pasir yang cukup luas akibat luapan lava dari sungai gendol saat letusan gunung merapi 2010. Batu tersebut dijuluki batu Alien karena bentuknya yang menyerupai wajah manusia. Dari sisi samping kiri batu, terlihat jelas bentuk batu nampak seperti kepala manusia yang dilengkapi dengan anggota tubuh pada umumnya yaitu mata, hidung, mulut, telinga, dagu dan kening. Banyak orang berpendapat bahwa wajah di batu tersebut menunjukkan ekspresi sedih atau sedang menangis.

4. Bunker Kaliadem
Pada tahun 2005, dibangun sebuah bunker di lereng gunung Merapi tepatnya di dusun Kaliadem. Pada tahun 2006 lalu, bunker ini tertimbun material lava akibat letusan gunung Merapi. Tujuannya yaitu sebagai tempat perlindungan atau persembunyian ketika gunung Merapi meletus. Di dalam bunker tersebut ditemukan 2 orang mayat yang meninggal terbakar karena suhu lava yang panas yaitu 600 derajat celcius. Tahun 2010 bunker Kaliadem kembali tertimbun material lava akibat letusan gunung Merapi. Lava Tour Merapi Jogja mengunjungi ini. Meski sudah 2 kali tertimbun lava merapi, namun sampai saat ini bangunan bunker masih kokoh berdiri. Bunker tersebut berukuran 12 x 8 meter dan terletak di bawah tanah dengan kedalaman sekitar 3 meter. Di dalam bunker dilengkapi sebuah ruang tabung oksigen, kamar mandi, dan lampu untuk penerangan.

Lava Tour Merapi Jogja

 
Indo Outbound Jogja
Jl Kaliurang KM.7 Yogyakarta
Telp. 0852 2825 2262
WA. 0856 4372 7969
indooutboundjogja@gmail.com